21 September 2007

Ouch!!! 2

Pelanggan datang, untuk membuat sebuah neon box acrylic (yang rentan dan mudah retak atau pecah) yang agak rumit. Kita hitung, dan memberikan harga murah. Dia mengirimkan file berwarna, dan kita ikuti semua petunjuknya dengan benar. Neon box yang seharusnya selesai dalam waktu lebih dari 2 minggu, kami selesaikan dalam waktu kurang dari 5 hari.

Selesai? Tidak. Dia kecewa karena ada bagian yang berwarna magenta, dan minta diubah ke warna merah. Kami menunjukkan file yang ia kirimkan, ia terdiam, dan hanya bilang
"Tapi ini harusnya merah, kalau nggak mau, client saya mundur"
Saya pikir, so what gitu loh, kesalahan bukan di tangan saya, tapi kami berbaik hati,
"Kalau mau diperbaiki (resiko kurang lebih 20%), kami kenakan charge lagi"
Dia bilang, "lho, kok dikenakan charge!??"
"Karena ini bukan kesalahan kami, sehingga kami anggap perubahan"
"Ya sudah, ntar saya yang tanggung, (ya iyalah.. siapa lagi yang nanggung kalau bukan dia!??) ntar saya kabarin lagi!" (secara dia butuh malam itu juga, padahal sudah jam 3 sore)

Jam 4 sore telpon berdering.. kring kring
"Halo.. bla bla"
"bla bla"

intinya, dia minta kita merubah 30% dari seluruh sign tersebut, yang mana tidak mungkin karena:
1. Perubahan seperti itu beresiko sangat besar
2. Perubahan di atas 10% lebih baik membuat yang baru
3. Lem acrylic yang kami gunakan sangat kuat, sehingga tidak semudah mencabut pasang blok LEGO.. anda tahu LEGO, ah sudahlah..
4. Charge yang kami kenakan sangat murah
5. Bagian produksi yang cuma senyum2 ketika diminta pendapatnya untuk membongka pasang lem tersebut
6. Kesalahan 100% ada di pihak client

"Bapak, karena kami sulit untuk mengubahnya, kami kenakan ... ribu rupiah.."
"HAH!?? Kok bayar lagi!???" (ya Tuhan.. cape deeeh)
Kami memberikan penjelasan lagi dari awal..

Bapak kirim gambar kepada kami?
Bapak sudah menyetujui warna kami?
Bapak yakin tidak setuju dengan ide kami? (dia menolak penggunaan sticker yang jelas akan sangat mempermudah penggantian warna dalam bentuk apapun)
Bapak setuju untuk langsung memesan sign ini?
Semuanya dijawab YA

Akhirnya karena resiko mengubah sangat besar, kami putuskan untuk menolak mengubahnya, jadi kali ini kami bilang TIDAK BISA. Leganya..