05 March 2008

Instalasi Unik yang Mengecoh


Ada mainan baru.. setelah era Tamagotchi dan NeoPets yang sempat menjadi hits di akhir abad 20, kini telah muncul mainan baru. Gen-pet, mahkluk bio-egineering dengan darah dan daging, dapat anda beli di supermarket. Mahkluk berbulu berukuran kecil ini tidak membutuhkan ruang yang besar dan hanya menghasilkan sedikit kotoran.

Ia dapat tumbuh dan bertambah besar, kemudian berbulu. Selain itu tersedia dalam berbagai pilihan kepribadian (menurut kode warna). Usia genpet antara satu hingga tiga tahun. Website gen-pet bahkan menyediakan katalog, panduan untuk pemeliharaan, dan beragam merchandise genpet.

Saya sempat heran ketika dulu pernah membacanya di trendhunter. Karena hal seperti ini akan menimbulkan banyak reaksi masyarakat, padahal hingga saat itu saya masih belum mendengar apapun. Namun ketika mencari informasi ternyata genpet adalah karya instalasi dari Adam Brandejs, seorang seniman.

Ia bahkan membuat websitenya sedemikian meyakinkan sehingga kebanyakan orang tertipu, dan begitu banyak yang membahasnya di internet. Baru teringat lagi setelah melihat tulisan di Maxim Februari 2008 yang mungkin hanya mengambil sebagian artikel dari blogs.smh.com.au.